soulHARMONY

19 Mei 2009

Test Otak

Filed under: Fighter's Note — soulharmony @ 4:01 pm

Saya sadar kalau memori otak saya ini sangat sedikit, saya susah mengingat hal2 yang membahagiakan yang pernah saya alami, yang paling saya ingat hanyalah cerita buruk dan yang bertentangan dengan hati saya.  Hari itu adalah hari yang begitu menyebalkan buat saya, entah kenapa saya berniat melakukan sesuatu yang sama sekali tidak saya niatkan. Sebelum memasuki jam kerja, seperti biasa saya sarapan dengan secangkir kopi panas dan berita-berita hangat dari surat kabar yang saya baca. Mata saya tertuju pada sebuah kolom lowongan pekerjaan, dan nama perusahaan yang membuka lowongan itu pun sangat asing bagi saya. Entah kenapa sifat jahil saya muncul, jadi iklan lowongan itu potong. Saya pun membuat lamaran kerja lengkap dengan melampirkan curiculum vitae, dll. Niat awal saya hanya iseng untuk ikut melamar, karena saya ingin menguji otak saya yang sudah penuh dengan angka dan tampungan emosi. Tidak lama menunggu, saya ditelpon untuk melaksanakan tes tertulis.  Hari itu pun datang, saya terpaksa berdusta dengan boz saya untuk meninggalkan kantor untuk mengikuti test ini (maafkan saya pa’, saya ikut test bukan untuk resign koq cuma buat mengurangi kebodohan saya saja).

Ada sekitar 40 orang yang ada di kantor itu, semuanya rapi terkecuali saya yang tidak bisa mengkondisikan penampilan urakan saya dengan situasi yang mengharuskan kita tampil selayaknya orang yang sudah bekerja.  Saingan saya luar biasa semua, rata2 memiliki Indeks Prestasi 3,…. sepertinya cuma saya yang punya IPK dengan angka kepala 2. Saya sibuk bukan karena belajar, karena memnag tidak ada bahan yang dibaca, sementara mereka sibuk bolak-balik lembaran demi lembaran. Saya yakin saja kalau test tertulis ini tidak ada spesifikasi tentang pekerjaan namun hanya menyangkut hal2 yang umum saja. Semua peserta masuk ke dalam ruangan yang sudah diberi no duduk (kaya di kereta aja), soal dibagikan tanpa boleh menyentuh. Pengawas hanya memberikan arahan untuk mengerjakan soal bagian pertama dalam waktu 5 menit, kemudian peserta dipersilakan membuka soal itu.

Tahap 1 :

–  Jumlah     : 50 Soal
–  Durasi       : 10 menit
–  Bentuk      : Multiple choice
–  Petunjuk  : ‘Pilihlah jawaban yang kamu anggap benar’
Semua peserta sibuk menjawab, sok berpikir, kalo dilihat memang soal yang diberikan sangat susah dijawab. Peserta disebelah saya heran melihat saya memilih semaunya semua jawaban tanpa berpikir. Alhasil semua soal sudah terisi dengan mudah, dan dibawah soal terakhir saya berikan Note ‘Saya sudah menjawab soal tahap I ini sesuai dengan petunjuk. Salah atau benar bukanlah point, karena semua yang saya jawab sesuai instruksi dan sudah saya anggap benar’. Dalam waktu kurang dari 10 menit saya sudah menyelesaikannya, sementara peserta yang lain masih meminta tambahan waktu.

Tahap 2 :

–  Jumlah      : 10 Soal
–  Durasi       : 10 menit
–  Petunjuk  :  Isilah semua jawaban dengan BENAR, dengan memberi tanda x
Soal
1.  Dari manakah anda mengetahui Info Lowongan ini :  a. (x) Surat Kabar    b.  (x) Radio       c. (x) Teman
2.  ……………………………………………………………   :  a. (x) ………….  b.  (x) ……….  c. (x) …………
3.  ……………………………………………………………   :  a. (x) ………….  b.  (x) ……….  c. (x) …………
4.  Posisi yang anda inginkan di perusahaan ini      :  a. (x) Kepala Cabang  b.  (x) Supervisor  c. (x) Administrasi
5.  ……………………………………………………………   :  a. (x) ………….  b.  (x) ……….  c. (x) …………
6.  ……………………………………………………………   :  a. (x) ………….  b.  (x) ……….  c. (x) …………
7.  ……………………………………………………………   :  a. (x) ………….  b.  (x) ……….  c. (x) …………
8.  Berapa nominal Salary yang anda inginkan        :  a. (x) Negosiasi      b.  (x) Sesuai UMP  c. (x) Kebijakan Perusahaan
9.  ……………………………………………………………   :  a. (x) ………….  b.  (x) ……….  c. (x) …………
10. …………………………………………………………..   :  a. (x) ………….  b.  (x) ……….  c. (x) …………
Dibawah semua soal itu, saya kembali memberikan Note  ‘Sudah saya isikan sesuai dengan petunjuk di atas, memberikan semua jawaban benar untuk semua pertanyaan

Tahap 3 :

–  Jumlah     :  10 Soal
–  Durasi       :  20 menit
–  Petunjuk  :  Isikanlah opini dan argumentasi anda untuk setiap pertanyaan
Soal
1.  Bila anda punya masalah pribadi, siapakah yang anda percaya untuk sharing tentang masalah yang anda hadapi ?
‘Tidak ada satu pun yang bisa saya percaya untuk sharing tentang masalah saya. Saya hanya percaya dengan diri saya sendiri, dan saya bisa memecahkan semua masalah pribadi saya sendiri’
2.  …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.  …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.  …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.  Ketika anda menerima gaji pertama, siapakah yang pertama anda berikan, dan berapa nominalnya ?
‘Yang pertama yang saya beri adalah perusahaan tempat saya bekerja, karena dalam gaji saya itu ada kewajiban yang harus saya bayarkan kembali ke perusahaan berupa potongan’
6.  …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7.  Berapa hasil akhir dari 1 + 1 ?
‘Kalau saya menjawab 2, artinya saya karyawan yang jujur. bagi sebagian perusahaan, kejujuran nilai luhur, tapi bagi sebagaian perusahaan yang lain kejujuran karyawan kadang menjadi momok’
‘Kalau saya menjawab 3, artinya saya karyawan yang tidak jujur dan licik, yang bisa membahayakan perusahaan tempat saya bekerja.
‘Kesimpulan saya, hasil akhir dari 1 + 1 adalah saya ikut kebijakan pimpinan dan perusahaan, karena sebagai karyawan saya harus tunduk dengan semua instruksi dan aturan
8.  …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
9.  …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
10. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Tahap 4 :

–  Jumlah      : 100 Soal
–  Durasi       :  10 menit
–  Petunjuk  :  Jawaban BENAR point (+2), SALAH point (-1), KOSONG (0). Jawablah dengan sangat teliti
Soal
1.  ……………………………………..   =
2.  ……………………………………..   =
3.  ……………………………………..   =
4.  ……………………………………..   =
5.  ……………………………………..   =
6.  ……………………………………..   =
7.  ……………………………………..   =
8.  ……………………………………..   =
9.  ……………………………………..   =
36  ……………………………………..   =
50. ……………………………………..   =
100. 5 x 13 x 8 – 6 + 9 : 2 x 5% x 50 + 6 – 43 + 8 x 20 : 5 x 15 : 10 + 80 x 0 = 0  =  0
Note Soal : Isilah soal terakhir saja.
Ruangan test berisik dengan suara kertas yang dibolak balik, mereka saling berlomba memilih soal yang mudah untuk dikerjakan supaya dapat point.  Sementara saya mencari celah kalau-kalau ada soal jebakan. Feel saya benar ternyata di bagian bawah soal terakhir tertulis instruksi kalau soal yang no. 100 saja yang dikerjakan, hahahahaha saya menang. Akhirnya test tertulis ini saya lewati tanpa beban. 3 hari kemudian saya dipanggil kembali untuk test interview, tapi saya tidak datang karena niat awal saya hanya untuk ikut test tertulis saja demi mengasah otak saya yang memory nya tidak penuh. Keesokan harinya saya kembali dihubungi, informasi yang saya dapatkan dari si penelpon ternyata cuma saya yang lulus dengan nilai yang perfect. Huh……mohon maaf sekali saya masih belum bisa meninggalkan rumah saya ini.

47 Komentar »

  1. wahh tes nya rumit bgt sih… tapi gak salah klo dicoba deh…

    Komentar oleh madi — 19 Mei 2009 @ 5:16 pm

  2. whuahahaha…
    salut… salut…
    saia ngakak baca jawaban soal nomor 7 tes tahap 3 itu. mangtabs…
    😀

    Komentar oleh Pakacil — 19 Mei 2009 @ 5:33 pm

    • Soalnya begitu mudah, tapi kembali lagi ke Petunjuknya ‘harus ada argument mengenai jawaban yang akan saya berikan’

      Komentar oleh soulharmony — 19 Mei 2009 @ 9:21 pm

  3. weLeh .. weLeh .. Ini test apa sIh … menjebak semUa kyanya soaLnya …
    Bahh T.O.P daH buat iMak ..

    Komentar oleh Rizal — 19 Mei 2009 @ 7:07 pm

    • Biasanya perusahaan yang ecek-ecek, membuat soal yang rumit. Dan perusahaan yang go public malah sebaliknya

      Komentar oleh soulharmony — 19 Mei 2009 @ 9:24 pm

  4. langsung aja mengkoment karena sudah dijelaskan sebelum poting ini terbit

    Komentar oleh Wawan — 19 Mei 2009 @ 7:41 pm

  5. emang sering koq, soal soal jebakan gitu.. aku pernah pas tes beasiswa, ada games perintahnya lakuin perintah teratas, kalau sudah selesai beri tanda baru lanjutkan keperintah bawahnya.. suatu nomer ada perintah untuk menghitung pita 10, ternyata pitanya cuma 9, peserta yang benar, yang berhenti sampai di nomer itu..

    Komentar oleh nino — 20 Mei 2009 @ 8:26 am

    • anda jawab benar atau salah

      Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:16 pm

  6. ada yang kurang,seharusnya ada pertanyaan di tahap k 3
    apakah anda sering
    #$#$#$#$#$#$?????
    hihihihihi:D

    Komentar oleh diadan — 20 Mei 2009 @ 8:27 am

  7. sip .. keren soul, biarpun berpenampilan urakan tp otaknya masih encer yaaa, cuman kok kali ini postingannya ga ada narsisnya sih???

    xixixixi :mrgreen: 🙄

    Komentar oleh nia — 20 Mei 2009 @ 9:41 am

  8. setuju ma mb nia….

    tumben ga narsis??? :p

    Komentar oleh hera — 20 Mei 2009 @ 1:08 pm

    • sapa yang narsis, ga kebalik ?

      Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:21 pm

  9. Terlalu lelah CR muji km,chan.

    Maka dari itu untuk kali ini
    ya….maaf…,
    kalo pujian untuk kamu saya
    kasih lagi dech….!!! 😦

    Komentar oleh Chesya Rindu — 20 Mei 2009 @ 4:28 pm

    • makasih ya, mudahan ikhlas memuji ga pake coklat lagi

      *ingat coklat putih, yang dimakan rame-rame*

      Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:23 pm

  10. Huahhahahha… test nya ternyata iseng banget !

    anw mas… duuch kasian kan si perusahaan itu udh banyak berharap lho.

    Moral of the story : Understand the situation first 🙂

    Komentar oleh Eka Situmorang-Sir — 20 Mei 2009 @ 5:01 pm

    • aku kan cuma iseng aja mas, namanya juag buat ngasah otak yang udah berkarat

      Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:25 pm

  11. aaq nunggu hasilnya aja

    Komentar oleh hariesaja — 20 Mei 2009 @ 5:27 pm

    • hasilnya oke, tapi males ditindak lanjuti wuahahahahaha

      Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:26 pm

  12. gimana ych klo ngisinya slah smw kira2 naik kelas ga ya……?

    Komentar oleh alfa_rain — 20 Mei 2009 @ 5:54 pm

    • naek kelas, mank UAN ya hahahahaha?

      Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:28 pm

      • Kan tu coal uan taon kmyen a? Ooo…bukan ya? Salah lyt neh…hehehe…:-r

        Komentar oleh Alfa_r@in — 23 Mei 2009 @ 10:01 am

  13. Rumit banget ya k’…. *_*
    Tapi harus tetap di jalani…. @_^

    Komentar oleh R!a_LoveLy — 20 Mei 2009 @ 7:34 pm

    • ga rumit koq ria, asal teliti sebelum membeli halah, maksudnya liat petunjuk

      Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:30 pm

  14. Hahaha…org pintar ama org jahil emang beda tipis.

    Terbukti di dirimu,cin. 😛

    Komentar oleh Ina — 21 Mei 2009 @ 12:14 am

    • makasih buat sahabatku tercinta ini, pertamanya memuji selanjutnya menjatuhkan, thanks cin

      Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:32 pm

  15. sungguh aneh..
    oh jadi setiap test tertulis lamaran kerja itu ada soal jebakan ya ka..
    kan shofa jadi tw..
    pas mo kerja entar..
    heee

    Komentar oleh sofadinafitria — 21 Mei 2009 @ 8:21 am

    • Tidak semua perusahaan yang seperti itu tapi semuanya perlu diwaspadai. Belajar dan sharinglah dengan temen2 yang udah bekerja oke

      Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:34 pm

  16. baca kok gak paham-paham
    “lagi oon”

    Komentar oleh JAUHDIMATA — 21 Mei 2009 @ 5:48 pm

    • jangan dipaksakan membaca mas

      Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:36 pm

  17. wah….. keren, dari sekian banyak soal disuruh cuman 1 soal saja yang dikerjakan, he… teliti banget sih abang..

    Komentar oleh andrie callista — 21 Mei 2009 @ 7:09 pm

    • tidak keren bro, tapi njlimet, untungnya hari itu saya lagi mood, kalo lagi stress walah bisa ga diisi semua

      Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:38 pm

  18. # “‘Yang pertama yang saya beri adalah perusahaan tempat saya bekerja, karena dalam gaji saya itu ada kewajiban yang harus saya bayarkan kembali ke perusahaan berupa potongan’”

    hwa…kakakkkk… bener..bener juga.

    Komentar oleh fery79 — 22 Mei 2009 @ 9:28 am

    • Betulkan fer, yang pertama kita beri adalah negara karena yang duluan ngambil gaji kita adalah pajak

      Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:40 pm

  19. hmmmm..
    SALUT,

    🙂

    Komentar oleh princezt — 22 Mei 2009 @ 6:23 pm

  20. ga kasih hadiah ???

    Komentar oleh anda — 22 Mei 2009 @ 7:42 pm

  21. om kalo disuruh nulis berapa gaji yang anda inginkan? gimana om, dijawab berapa ya? kalo bisa tolong dikirim ke email saya om agoesj@gmail.com, please om. thank’s sebelumnya!!!!

    Komentar oleh agus — 22 Mei 2009 @ 8:04 pm

    • itu salah satu pertanyaan yang paling saya benci dan susah untuk dijawab, sebelumnya cari informasi dulu berapa gajinya ?

      Komentar oleh soulharmony — 22 Mei 2009 @ 9:09 pm

  22. rajin nya menulis pertanyaannya… ga puyeng apa ???

    Komentar oleh vianadbs — 23 Mei 2009 @ 10:23 am

  23. Uma ai. menguji otak. tahu ja tu sudah sorang kalau anda adalah orang yang cerdas plus ganteng hahhahaha

    Komentar oleh sandi — 23 Mei 2009 @ 2:05 pm

    • maaf !!!! saya tidak bisa menerima pujian dari seorang lelaki

      Komentar oleh soulharmony — 23 Mei 2009 @ 8:37 pm

  24. hehehhe..
    aku nga memuji bos.. usil mu kok tetep ae

    Komentar oleh ego — 26 Mei 2009 @ 3:29 pm

  25. ga malu2in lah klo lu2s….

    secara alumni SMADA gitu loh….

    Komentar oleh sun — 14 Juni 2009 @ 3:25 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

