soulHARMONY

10 Maret 2009

Tanda Tangan

Filed under: Yang Bertentangan — soulharmony @ 6:38 pm

Apa sih kekuatan sebuah tanda tangan, dilihat hanya sekedar sebuah simbol buatan sendiri yang bentuknya bervariasi ?. Tapi saya pernah membaca sebuah buku psikologi tentang karakter seseorang yang dilhat dari tanda tangannya. Karena itulah saya membuat tandatangan sebagus mungkin agar terlihat lebih bagus.

Apa sih fungsi tanda tangan itu, ternyata banyak, dari bikin KTP, sampai mengambil duit pun butuh tanda tangan. Saya merasakan betul begitu bermanfaatnya dan saktinya tanda tangan saya ini, bagaimana tidak ? Saya bekerja di sebuah bank swasta, dan terpenjara dalam divisi yang berhubungan dengan pinjaman nasabah, dan otomatis bila saya tidak membubuhkan tanda tangan persetujuan, maka saya jamin dana nasabah yang jumlahnya pernah mencapai Rp. 25 Milyar itu tidak akan bisa dicairkan.

Dulu saya sempat berganti-ganti tanda tangan karena sebelumnya tanda tangan saya begitu mudah ditiru oleh orang lain, dan takutnya dimanfaatkan mereka. Sewaktu masih berkutat di dunia Event Organizer, saya dipercayakan untuk memalsukan tanda tangan project manager saya bila ia tidak bisa dihubungi untuk dimintai tanda tangannya. Bahkan sewaktu kuliah pun saya seringkali memalsukan tanda tangan, mulai dari Ketua Himpunan, Ketua BEM, Ketua Jurusan, Dekan, dan Dosen Pembimbing, alangkah jahatnya saya. Benarkah tanda tangan bisa dijadikan sebuah cinderamata atau kenang-kenangan ? Jawabannya iya, kalau yang membubuhkan tanda tangan itu adalah orang2 ternama atau public figure seperti yang punya blog ini. Dalam aktivitas saya di dunia Event dulu yang berhubungan dengan artis, saya begitu membenci teman2 saya yang menguber-nguber artis itu hanya untuk berfoto dan minta tanda tangan sang idola, sementara saya pusing bagaimana saya harus mengatur acara si artis biar sukses.  Sampai-sampai kadang si artis malah bertanya ‘Ga ikutan minta tanda tanganku mas ?, terus ku jawab aja ‘Yang saya perlukan adalah anda tampil maksimal karena anda sudah kami bayar’. Apakah sebuah tanda tangan bisa diartikan sebagai ‘kekutan/pengaruh’ ? Saya mengalaminya, ketika itu saya nego untuk memakai sebuah gedung serbaguna untuk mementaskan sebuah grup band besar. Oleh si pengelola gedung, saya diminta untuk membayar Rp 25 juta untuk sewa gedung selama 1 hari. Saya cari info kalau gedung tersebut adalah milik seorang pengusaha kaya di Banjarmasin, dan kebetulan EO yang mengadakan event tersebut adalah event organizer yang pemiliknya adalah terkait hubungan family dengan si pengusaha pemilik gedung. Oleh karenanya, saya lantas mendatangi si pengusaha itu untuk langsung meminta ijin agar dapat memakai gedung tersebut. Apa yang dia lakukan ? Dia hanya mengambil secarik kertas terus memberikan note ‘mohon dibantu’, terus dia membubuhkan tandatangan dan inisial namanya, kemudian aku diminta untuk membawa kertas kucel itu ke pengelola gedung. Melihat secarik kertas, catatatn kecil, dan inisial nama, si pengelola gedung langusng meralat ucapan sebelumnya, kalau tempat itu akan digratiskan tapi cukup bayar petugas kebersihan saja sebesar Rp. 100rb.

Luar biasa sekali, sewa gedung yang awalnya Rp. 25 juta turun drastis menjadi Rp. 100rb, hanya karena tandatangan dan inisial nama. Sekarang, berhargakah tanda tangan yang kita miliki ? REKAN-REKAN MAU BERBAGI PENGALAMAN DENGAN SAYA ?

22 Komentar »

  1. Ckckck
    Sebegitu besarnya eksistensi sebuah goresan pena

    Saya baru kelas 10sma
    Tanda tangan masih gak jelas hehe

    Komentar oleh bluepaperblog — 10 Maret 2009 @ 10:16 pm

  2. tanda tangan ma cap tangan apa beda ya,..????.. highihihi… 😀

    Komentar oleh didoy — 10 Maret 2009 @ 11:23 pm

  3. tanda tangan hayalah sebuah tanda persetujuan kita terhadap sesuatu…..

    Komentar oleh rezaldo — 11 Maret 2009 @ 8:49 am

  4. bener banget bro….

    saya jg merasakan manfaat tanda tangan….

    saya bisa beli sesuatu jg dengan secarik kertas yang bertuliskan “mohon potong gaji”

    Komentar oleh rolly — 11 Maret 2009 @ 9:05 am

  5. tanda tangan tuh penting banged,
    kalo ga tandatangan, kuliah dianggep absen 🙄

    Komentar oleh phiy — 11 Maret 2009 @ 12:40 pm

  6. Wuihhh..soul ternyata punya bakat juga untuk memalsu tanda tangan..ha..ha..ha ..

    Kalau tanda tangan tulisan bagi saya hanya formalitas, untuk keaslian dokumen saya menggunakan tanda tangan digital dgn PGP..sehingga saya dapat memastikan 100% dokumen tsb dari saya..kalau tanda tangan tertulis paling saya gunakan trik time stamp..biar tanda tangan tidak sama tiap waktu jadi kalau dipalsu dan waktu sama time stamp nya nggak cocok berarti palsu..

    tapi…siapa juga yang mau memalsu tanda tanga saya…hiks..seleb bukan, caleg bukan, pejabat bukan..hks..hiks

    Komentar oleh Syams Ideris — 11 Maret 2009 @ 1:12 pm

  7. sebegitu hebatnya tanda tangan itu,

    Komentar oleh lembahbaliem — 11 Maret 2009 @ 6:16 pm

  8. *BLOGWALKING*

    ^^

    mAmpir yua k blog aQ 🙂

    Komentar oleh maricurhat — 11 Maret 2009 @ 11:02 pm

  9. tanda tangan , tanda tangan….
    minta tanda tangan kah ka??? ckckckcck

    Komentar oleh vianadbs — 12 Maret 2009 @ 12:22 pm

  10. tanda tangan bisa mencerminkan sifat seseorang.

    dulu saya pernah training di sebuah bank swasta di Bjm, saya sering malsuin tanda tangan buat meololoskan dia jd nasabah.tp hal itu gak akan saya ulangi lagi.dosa..

    Komentar oleh anas — 12 Maret 2009 @ 12:34 pm

  11. bujug…

    tanda tangan aja efeknyah bisa sebegitu dahsyatnya yah…

    gimana kalo tanda kaki…

    :mrgreen:

    Komentar oleh yoan — 12 Maret 2009 @ 4:31 pm

  12. tandatangan memang sangat penting dan berguna… apa lagi bagi yang memiliki popularitas atau pangkat tinggi… harga tanda tangan aja bisa mahal banget lhooo… nah s3ekarang tinggal kita yang bisa meningkatkan personality kita agar baik… dan nantinya harga tanda tangan kita pun mahal…

    Komentar oleh fahrizal — 12 Maret 2009 @ 5:23 pm

  13. berharga banget, punya pengalaman hampir dipecat dari kantor gara2 salah tanda tangan

    Komentar oleh faizz — 12 Maret 2009 @ 6:58 pm

  14. tandatangan saya : mahal ! 😀

    Komentar oleh warmorning — 13 Maret 2009 @ 10:40 am

  15. aduwh a…..

    mw donk dpt tnda tgn aa klo gtu…

    hehehe

    Komentar oleh princezt — 13 Maret 2009 @ 3:17 pm

  16. kalo saya enak nya tanda kaki aja koq, pasti makan byk kertas ya??

    Komentar oleh Irfan — 13 Maret 2009 @ 3:19 pm

  17. hummmm

    sudah agak lama ga tanda tangan buat orang nih *brasa artis :p*

    buat saya penting tiap bulan buat ambil gaji

    uadh sih… baru sbegitu ajah pentingnya 😀

    Komentar oleh natazya — 13 Maret 2009 @ 10:03 pm

  18. kepentingan tanda tangan bagi saya tergantung waktu dan tempat penggunaannya…

    klo waktu ya…

    pas waktu ada ujian….(entar klo gak TTD dianggap gak ikut ujian donk, entar yg ada ngulang…capedech…)

    truzz pas terima gaji….(klo ini sbnrnya enaknya gak usah TTD, kn dikiranya kita blum dpt gaji…he…he…, tp krn inget dosa ya baiknya TTD aj)

    klo tempat ya…

    klo tanda tangannya di kertas yg mencantumkan nilai rupiah…

    truzz klo tanda tangannya di kertas yang tidak mencantumkan nilai rupiah, sebenarnya ada juga sich manfaatnya paling tidak jika kertas itu sebesar kertas polio bisa dijadikan untuk bungkus nasi, setidaknya ketika orang yang sedang makan menggunakan kertas itu akan terinspirasi untuk membuat TTD yg sama dan pasti berkata “betapa hebatnya si pembuat TTD ini…karena merelakan TTD nya kusam untuk membantu nasi hingga sampai ke tujuannya….”

    he..he..he..

    Komentar oleh sunariati — 15 Maret 2009 @ 1:21 am

  19. tanda tangan???
    dari sma q selalu tanda tangan d mua tempat yg bisa q ttd nin…
    contohnya di buku2 tmen2 sekelas, pasti ada ttdq…
    di meja2 n kursi2 mua wajib da ttdq…

    dan walhasil sekarang mua temen2 selalu nginget aq kan??????

    berguna kan ttd q….
    serasa artis geto???!!!
    Ho…ho…ho…

    Komentar oleh Tia_cute — 15 Maret 2009 @ 10:30 am

  20. Dalam suatu posisi/jabatan, tanda tangan yang cuma berbentuk mie keriting itu penting dan tanpa itu dana aliran itu gak bisa dikucurin ke karyawan-karyawan lain.

    Dan tanpa tanda-tangan dari saya, siswa saya pada gak bisa lulus 😀

    jadi tanda tangan saya berharga doms buat masa depan siswa saya :p~~

    Komentar oleh Huang — 1 April 2009 @ 6:46 am

  21. tanda tangan itu penting (secara saya juga teller hahahaha) Its okay niru asal bukan buat kejahatan aja 🙂

    Komentar oleh sandi — 10 April 2009 @ 9:11 am

  22. kalau dokumen-dokumen penting tidak usah tanda tangan,cukup tanda jempol(sidik jari) biar asli dan tidak dapat ditiru.

    Komentar oleh sangkot sianturi — 19 Maret 2013 @ 9:54 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

